Show Mobile Navigation

June 23, 2013

, ,

Menambah Rating widget untuk blogger dari Graddit

Unknown - Sunday, June 23, 2013


Assalamualaikum wr wb

Tutorial kali ini sederhana saja ,saya akan mencoba menjelaskan tentang cara bagaimana menambah sebuah Widget rating di setiap postingan blogger dengan widget dari Graddit.com . Apa itu Widget-rating ? yaitu sebuah widget untuk memberikan sebuah penilaian tentang sebuah situs atau isi dari artikel dari postingan , dan kebanyakan situs-situs web lebih sering menggunakan rating-widget yang berbentuk bintang-bintang .walau sebenarnya rating ini tidak selalu berbentuk bintang . bila anda perhatikan , sebuah situs seperti facebook juga menggunakan rating widget .tombol like dan unlike itulah yang merupakan rating widget khas dari facebook.yang biasa digunakan untuk setiap status , upload foto ,atau hal yang lainnya yang biasanya berhubungan dengan aktifitas para penggunanya .

Sebenarnya rating-widget ini tidak terlalu diperlukan untuk sebuah blog .hanya saja dengan menambah widget ini blog anda akan terlihat lebih elegan dan profesional .karena widget rating ini adalah sebuah alat yang menambah apresiasi dari pengunjung yang malas untuk berkomentar. selain itu juga menambah daya tarik dari pengunjung untuk melihat isi dari artikel blog kita.apalagi setelah melihat rating yang tinggi di sebuah artikel di blog kita.

untuk para blogger saat ini sebenarnya cukup banyak situs-situs penyedia rating widget yang dapat anda tambahkan ke blog anda secara gratis. Namun kali ini saya akan menjelaskan cara menambahkan widget-rating dari situs Graddit.com . bila anda tertarik ,pertama-tama silahkan anda masuk ke link ini http://www.graddit.com/ratings-widget.

1. langkah pertama setelah masuk link di atas maka tampilan situsnya seperti gambar di bawah ini .

-lalu perhatikan gambarnya ,anda akan mendapati sebuah kode seperti yang di tunjukan pada gambar , Copy code tersebut lalu silahkan anda paste kode itu tepat sebelum kode </head> pada edit Html blog anda.

2 langkah kedua anda sedikit bergeser ke kiri dan anda akan melihat beberapa pilihan tampilan widget ratingnya seperti yang di gambar ini .

- setelah itu silahkan pilih bentuk tampilan rating widget seperti yang anda ingin tampilkan dalam blog anda .

















3 .dan langkah yang ketiga silahkan anda bergeser kekanan dan mendapati tampilan seperti gambar di bawah

-ini adalah kode widget yang nantinya akan anda masukan ke blog anda. namun pertama-tama anda mengubahnya ke setelah platform blogger .cukup dengan meng-klik tombol Blogger .di sebelah kanan platform dan tombol Generik.
-dan kodenya dibawahnya pun berubah sesuai dengan setelan untuk blogger. lalu silahkan anda copy kode tersebut.

-setelah itu kembali lagi ke edit html  . cari kode <data:post.body/> lalu anda paste kode yang tadi tepat di bawahnya . bila anda menemukan kode <data:post.body/> lebih dari satu silahkan saja anda pilih sendiri yang mana saja diantara kode tersebut sampai widget-ratingnya muncul .

-setelah widget rating muncul silahkan anda save . dan widget ratingnya siap menghiasi blog anda .



Tambahan :

1.Bila anda merasa loadingnya terasa lambat  ,anda dapat menambahkan kode jquery.min seperti di bawah ini tepat di sebelum kode </head>.

<script type="text/javascript" src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8/jquery.min.js"/>

kode ini akan membuat widget ratingnya akan muncul setelah halaman blog anda selesai loading ..

2. rating widget ini akan ditampilkan di halaman homepage(beranda) , halaman archive , dan halaman postingan . 


-jika anda ingin menampilkan hanya halaman postingan saja silahkan anda tambahkan kode di bawah ini diantara kode widget rating tersebut .


<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>  (letakan sebelum kode widget-rating)

dan

</b:if>   ( setelah kode widget rating )




0 komentar:

Post a Comment